Selasa, 26 Juli 2016

WISATA PUNCAK BOGOR




Tempat wisata Puncak termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, daerah ini sudah sangat terkenal baik bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Sebagai daerah perkebunan teh yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda yang kini merupakan Perkebunan Teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas. 

Keindahan daerah ini memukau Presiden Soekarno, sehingga ia membangun sebuah restoran untuk menikmati keindahan alam wisata Puncak, yang kemudian diberi nama Restoran Riung Gunung. Selain itu, terdapat juga tempat-tempat rekreasi dan agrowisata yang indah, antara lain Perkebunan Teh Gunung Mas dan Gantole (Paralayang). 


wisata puncak


Di daerah wisata Puncak juga terdapat berbagai tempat wisata menarik diantaranya Taman Safari, Kebun Bunga, dan terdapat sebuah Masjid yang indah dengan arsitektur yang khas dan sederhana yaitu Masjid Atta'awun. Di daerah ini juga terdapat banyak sekali villa-villa dan hotel yang dimiliki oleh warga sekitar untuk tempat beristirahatnya pengunjung.

tempat wisata di puncak

Riung Gunung berlokasi di Jl. Raya Puncak Bogor, lokasinya berada setelah obyek wisata Gunung Mas dan sebelum Masjid Atta'awun.

Di Riung Gunung kita bisa melihat pemandangan alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang luas khas kawasan wisata puncak Bogor.  Terdapat beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola diantaranya restoran, kolam renang, permainan untuk anak-anak, sarana outbound sampai penginapan pun tersedia. 

tempat wisata di bogor

Para pencinta paralayang biasa melakukan kegiatannya pada hari libur atau akhir minggu menjadi pemandangan unik tersendiri yang dapat kita saksikan dari Riung Gunung.
Karena landasannya yang berada tidak jauh dari Riung Gunung.

Salah satu yang membuatnya menarik adalah adanya villa milik Presiden Soekarno lengkap dengan barang peninggalannya. Villa ini konon sering digunakan oleh Presiden Soekarno untuk berdoa dengan tenang.

tempat wisata di bogor

Untuk harga tiket masuknya adalah 5 ribu Rupiah per orang.
2.Masjid At Ta'awun Puncak

wisata di puncak

Pernah lihat adzan Subuh di TV dengan panorama kebun teh yang menghampar luas disekelilingnya? Ya, itu masjid At Ta'awun yang terletak tepat di samping Jalan Raya Bogor-Cianjur.

Lokasi Masjid Atta’awun yang dikelilingi pemandangan membuatnya memiliki nuansa tersendiri. Masjid Atta’awun sangat ramai dikunjungi wisatawan khususnya weekend. 

Bagi wisatawan yang menunaikan shalat dan baru pertama kali mengunjungi mesjid ini, akan langsung merasakan dinginnya air ketika berwudhu disamping memang hawa pegunungan yang sejuk membuat kita lebih khusyuk dalam beribadah mengagungkan semua ciptaan dan kebesaranNya. Untuk perempuan disediakan tempat untuk shalat di lantai dua dan laki-laki di lantai satu mesjid.

tempat wisata di bogor

Masjid Atta’awun memiliki design interior yang indah, nuansa natural lekat sekali pada design interior masjid ini. Tercermin dari lantai parquet yang terbuat dari kayu, kemudian ornament ukiran kayu disekeliling dinding mesjid. Kaca patri yang berwarna-warni pada jendela menambah keunikan tersendiri. 


3.Paralayang
puncak bogor

Lokasinya sekitar 300m dari Masjid At-Ta’awun sebelah kanan jalan apabila Anda dari arah Bogor, nanti ketemu pertigaan langsung belok kanan.

Pertama kali diresmikan sekitar awal tahun 1990-an oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).
puncak bogor

Bagi yang baru pertama kali ingin mencobanya, tidak perlu khawatir, kamu akan ditemani oleh pemandu yang sudah ahli. Nggak perlu sekolah atau belajar khusus untuk bisa main / terbangin paralayang, karena udah ada instruktur profesional yang bakal “nyupirin” kita selama 10-15 menit perjalanan di udara. Setelah alat keselamatan sudah dikenakan, kamu akan diajak terbang di ketinggian sekitar 1.200 mdpl.

puncak bogor

Apabila cuaca cukup cerah, anda bisa langsung daftar ke booth yang tersedia. Kemudian mengisi form dan tanda tangan term & condition, kemudian bayar Rp. 350.000,- untuk sekali terbang. Biaya ini sudah termasuk perlengkapan, dan transportasi kembali dari tempat anda mendarat atau landing.

Barang - barang yang kita bawa bisa dimasukan ke dalam tas besar yang nantinya sebagai tempat duduk kita. Setelah itu kita tinggal nunggu giliran untuk terbang deh.. Awalnya kita dipasangkan alat pengaman dan juga sebuah ransel besar.  Alat pengaman ini dikaitkan ke kostumnya si instruktur. 

puncak bogor

Begitu parasut telah dibentangkan, kita cuma akan diminta lari bersama instruktur menuju ujung landasan. Emang terlihat menakutkan karena di ujung landasan nggak ada apa-apa selain pepohonan yang kelihatan mini banget karena jaraknya jauh di bawah. 

Tapi jangan khawatir, waktu berlari pelan-pelan aja badan kita akan terangkat dengan sendirinya, dan sedetik kemudian udah terbang! Parasut selebar 10 meter terbentang ditiup angin yang sangat kencang. 
Setelah itu, kamu bisa menikmati pemandangan yang luar biasa cantik dari langit, jangan lupa untuk mengabadikan momen langka berpetualang di udara ini.
Ada beberapa tips untuk anda, yaitu jangan memakai rok, alas kaki seperti sendal jepit tidak disarankan karena mudah lepas. Siapkan tongsis bagi anda yang senang selfie, apabila tidak membawa dipastikan anda memegang erat peralatan dokumentasi anda seperti kamera SLR atau Handphone.

puncak bogor

Dengan durasi sekitar 15 menit akan terasa sangat cepat sekali.. oleh karena itu nikmatilah selama perjalanan atau penerbangan terasa smooth dan menyenangkan.
4.Melrimba Garden

melrimba garden

Jl Raya Puncak KM 87, Tugu Utara, Cisarua Bogor, West Java, Indonesia.
Lokasinya sekitar 1 Km sebelum restoran rindu alam sebelah kiri jalan apabila anda dari arah Bogor.

Dengan konsep natural garden, Melrimba memiliki luas area ± 5 ha dan ± 1.400m dpl merupakan salah satu tempat tujuan wisata alam keluarga menawarkan beragam keelokan dan keindahan alam yang sangat mempesona.

melrimba garden

Sebagai family park, keindahan taman melrimba dapat dilihat dari masih banyaknya pohon - pohon pinus menjulang tinggi, hamparan berbagai jenis tanaman bunga yang warna – warni tersebar tumbuh dengan subur. Kicauan suara burung burung bersaut - sautan, suara kera hutan di kejauhan serta pemandangan gerombolan burung “elang jawa “ yang sesekali berputar – putar menuju sarangnya ditengah hutan akan menjadi momen yang sangat mengagumkan.

melrimba garden

Terdapat berbagai sarana untuk family seperti outbound, fun fishing, strawberry pick & eat, tea walk, kids playground. Dan juga bisa melihat green house untuk produksi dan penyemaian tanaman.  Di tengah taman dapat digunakan untuk wedding party, barbeque, camping ground  atau private event lainnya.

melrimba\

fasilitas lain Melrimba yaitu Wahana Flora dapat menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk anda yang hobby berkebun atau hanya sekedar untuk buah tangan.  
Showcase aneka anggrek phalaenopsis yang premium. 

tempat wisata di bogor

Yang menawarkan beragam produk tanaman bunga, buah dan herbal yang kesemuanya sangat indah dan esotik.


 
 

1 komentar: